Have an account?

Minggu, 17 Oktober 2010

Air Putih membantu menurunkan berat badan


Seperti kita ketahui bahwa sebenarnya dalam sehari dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih minimal 8 – 10 gelas. Sebab air putih tak hanya sebatas mengsir dahaga belaka, ternyata juga banyak khasiatnya.
Selain makanan, air sangat diperlukan oleh tubuh kita. Seseorang yang kekurangan makan masih dapat bertahan selama beberapa hari tapi jika kita kekurangan air bisa berakibat fatal karena air merupakan bagian terbesar dari komposisi tubuh manusia.

Seperti yang diungkapkan oleh Dr. James M. Rippe (Kardiolog dari AS) dimana dia menyarankan untuk meminum air paling sedikit 11 lebih banyak dari apa yang dibutuhkan rasa haus kita. Pasalnya, kehilangan 4% cairan saja akan mengakibatkan penurunan kinerja kita sebenayak 22%. Maka bisa dimengerti bila kita kekurangan 7% maka kita akan merasa lemah dan lesu.

Semakin banyak kita melakukan aktifitas, air akan lebih banyak terkuras dari tubuh. Apalagi bagi orang yang tinggal didaerah tropis, dimana energi yang dikeluarkan lebih banyak. Sebab itu, para pakar kesehatan mengingatkan agar jangan meminum, apakah sedang hau atau tidak, merupakan kebiasaan sehat.
Itu artinya, bekerja diruang AC pun menuntut kita untuk minum lebih banyak, sekalipun tak merasa haus. Sebab, diruang berAC kita akan lebih cepat mengalami dehidrasi.

Dimana kalau kita lebih banyak minum akan membuat kulit tidak cepat keringpenting untuk diperhatikan tak hanya oleh mereka yang sehari-hari bekerja di ruang ber-AC.

Namun juga oleh mereka yang bekerja dalam ruangan yang suhunya tidak tetap. Suhu naik turun menyebabkan kelembapan ruangan juga tak menentu.
Air putih juga bersifat menhanyutkan kotoran-kotoran dalam tubuh yang akan lebih cepat keluar lewat urine. Bagi yang ingin menguruskan badanpun minum air hangat sebelum makan (sehingga Merasa kenyang) merupakan satu cara untuk mengurangi jumlah makanan yang masuk.

Seperti yang dikatakan oleh Chaiton Leo dalam bukunya yang berjudul Terapi air untuk kesehatan dan kecantikan, dikatakan bahwa terapi air adalah metode perawatan dan penyembuhan dengan menggunakan air agar mendapatkan efek-efek terapis.

Bagi anda yang bingung menurunkan berat badan, dari pada sulit dan pusing menemukan obat penurun berat badan kenapa tidak memakai cara muda dan murah yakni minum minimal 2 liter air perhari.

Sebab air membantu proses metabolisme dalam tubuh dengan mengubah makanan menjadi energi. Disini air berperan sebagai bahan baker untuk mendorong reaksi kimia metabolisme. Sehingga jika anda tidak meminum air maka anda tidak dapat membakar kalori.

Ada beberapa akibat jika suplai air kurang dari 2 liter perhari seperti proses penurunan berat badan berjalan lambat. Hal ini karena sekitar 2,5 liter air habis oleh fungsi tubuh sehari-hari seperti berkeringat. Sehingga jika anda menjalani program diet dan berat badan anda juga tidak turun mungkin hal ini disebabkan anda tidak minum cukup air.

Apalagi air tidak mengandung kalori, gula ataupun lemak. Namun yang terbaik adalah minum air putih pada suhu sedang; tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Selama kita masih dapat menikmati khasiatnya sehingga tunggu apalagi, mari manfaatkan sebaik-baiknya.